(Catatan Pribadi Malam) : Mencari Kembali….(Cari aja di pasar, Mall, Emperan atau mana dah gitu).


Peringatan : 100% tidak ilmiah dan mengaburkan yang sudah kabur.

Mencari kembali. Apanya yang mencari kembali? Tentu saja minat yang lambat laun memudar seiring dengan makin padatnya aktivitas. Banyak hal yang berubah seiring dengan menghilangnya multiply dulu. Tempat yang dimasa silam merupakan lahan saya untuk berekspresi, menyalurkan apa yang saya senangi dan alami kepada sesiapa, termasuk berbagi foto-foto baik yang bersifat alamiah, narsis hingga najis sekalipun (apaan ini?). Sudah sekitar 9 tahun saya aktif di dunia per-blogan seperti sekarang, dari multiply yang berjalan selama lebih dari 8 tahun hingga akhirnya harus tergusur dengan indah cantiknya ke dunia WordPress seperti sekarang. Jujur saja di dunia WP ini saya masih buta dan mencari-cari komunitas yang tepat. Orientasi saya kinipun sudah banyak berubah, ketika dulu dengan serakahnya saya bisa posting sebanyak 3-5 posting sehari (kemaruk banget!), kini seminggu sekalipun belum tentu bisa saya lakukan.

Apa karena galau? bisa jadi
Apa karena bosan? kadang iyaApa karena tidak ada tantangan baru? barangkali..

Bersyukur…karena meski kadang kala capek karena menghadapi murid2 yang dibeberapa kesempatan bandelnya gak ketulungan, namun tempat yang baru ini memberi pencerahan baru dan prospek lebih baik.

Saya bukan analis yang handal, karena belakangan ini untuk berpikir super dalam saja rasanya penat sekali. Semenjak kepindahan saya ke kawasan dekat ibukota ini (sebut saja bunga, eh…Tangerang), saya lebih banyak berurusan dengan dunia kepengajaran dengan segala aktivitasnya yang kadang sampai membuat saya harus mencuri waktu untuk sekedar berbagi segantang kata untuk kembali dirangkai menjadi satu kalimat hingga paragraf yang menjuntai tak tentu arah. Saya berjuang disini untuk memperbaiki kehidupan saya dan memulai dari awal mula kembali. Sudah hampir setengah tahun saya berada disini, dan semoga di tempat ini saya dapat menemukan hal yang jauh lebih baik.

Kembali ke persoalan menulis, belakangan memang saya lebih suka berbagi foto dengan tema tertentu, sesuai dengan tantangan yang diberikan oleh beberapa komunitas internasional di WordPress. Berbagi foto ini bukan untuk dilombakan, karena sifatnya fun dan tidak mengikat. Semua baik yang amatiran sampai yang profesional bebas bergabung dan berbagi ide. Sayapun tidak peduli apakah foto itu bagus atau tidak, like-nya sekedar basa-basi atau tulus, untuk apa? Toh, dengan berbagi satu sisi kepada khalayak di alam maya ini saja sudah merupakan kepuasan tersendiri. Sayapun akhirnya berubah lagi dengan tidak lagi sembarang berbagi foto. Hanya foto tertentu yang menurut saya terbagus yang akan saya pajang sesuai dengan tema tantangan yang tersedia. Kedalaman berpikir itu memang perlu, hanya memang butuh waktu untuk kembali seperti dulu lagi. Saya hanya butuh penyegaran pikiran dan tenaga untuk bisa beraktivitas di blog seperti dahulu.

Tak masalah muncul hanya beberapa saat sekali, yang penting masih eksis dan selalu berbagi. Memang kebanyakan tulisan di blog ini saya buat dalam bahasa Inggris, karena ingin mendapat pembaca yang lebih luas, tak sekedar orang Indonesia atau Malaysia sebagai pembaca, namun lebih dari itu. Mungkin beda dengan multiply, karena WordPress ini tidak bisa menampilkan siapa2 yang mengintip kita. Itu sudah tidak penting lagi. Bahkan sejak pindah ke sini, saya jarang-jarang bepergian keluar. Terakhir kali yang saya lakukan adalah ketika pergi ke Jalan Sabang sebulan yang lalu (atau lebih), dan itu karena ada undangan kopdar bersama seorang sahabat dari Belanda. Rasa untuk berjalan-jalan itu makin menurun karena banyaknya kegiatan, dan berhubung mulai masuk ulangan umum, maka sudah berkurang event di tempat kerja saya sekarang. Minimal saya sudah bisa beristirahat dan mencari ide-ide baru (meski tidak termasuk utak-atik konspirasi..wkwkwkwkwkkk). Untuk menulis sesuatu yang ‘ilmiah’ saja pastilah akan ditanya, mana rujukannya? mana sumbernya? mana penguatnya? Hahahaha…untuk saat ini cuti dulu lah dari semua yang ‘ilmiah-ilmiah’ ini, karena nanti bakal ditanya latar belakang dst dst (emang mau skripsi atau bikin karya ilmiah cyinth? hahahah). Nulis yang ringan ringan dulu, seringan gula-gula kapas yang kalau ditiup angin langsung mak mbendunduk..

Eits! untuk saat ini memang lebih enak nulis yang ringan-ringan, atau sekedar berbagi foto memenuhi tantangan (weekly photo challenge, dan kawan-kawannya). Saya masih mencari lagi mana format yang cocok bagi blog saya dan diri saya ini. Setiap orang pasti akan berubah, bahkan dalam hitungan detik. Sayapun demikian, termasuk juga anda, dia, kalian dan mereka (disebut sekalian  biar banyak). Toh blog itu suka-suka sesiapa yang memilikinya, sepanjang tidak berbau SARA atau menebarkan kebencian (termasuk benar-benar cinta). Tulisan ringan maupun berat (beratnya berapa? yah, kira-kira 1 ton kurang dikit) sama-sama punya kelebihan dan kekurangannya. Tulisan ringan cocok bagi yang sedang ingin penenang, baik dari virus galau maupun galon (galon? emang air galon?), sedangkan tulisan berat cocok bagi yang sedang ingin berpikir super duper dalam (kira-kira 1000 meter cukup apa kurang ya?), itu semua tergantung anda sendiri.

Yang menebar kebencian…pasti sudah saya hilangkan dari daftar intip apalagi baca.

Sementara saya pribadi sedang mencari kembali jatidiri dalam blog ini, sebagaimana yang saya lakukan kala masih ‘hidup’ di jagad multiply. Memang rumah ini baru lebih dari setahun saya tempati, namun alhamdulillah saya betah meski segmentasinya kini berubah. Tulisan berbahasa Indonesia hanya sekian persennya saja, bukannya saya sombong atau apa. Namun lebih pada upaya diri untuk memperkuat bahasa asing. Biarpun mungkin penjelajah asing lebih banyak melihat foto2nya, tapi saya tidak mempersoalkan karena itu pilihan mereka. Saya ingin tonjolkan Indonesia dan keindonesiaan saya meski dari sisi lain, dan sisi itu masih terus saya cari hingga tuntas.

Apapun itu, tetap saja menulis atau ngeblog, asal curhatnya benar-benar terarah, bebas SARA dan SARU, intinya sehat lah….tetap sehat ngeblog, apapun temanya..seringan debu ataupun seberat 100 ekor gajah ditumpuk jadi satu.

Salam Hangat dan Semanis Biang Gula (siklamat) dari saya

Awas..100% tidak mencerahkan.

Mengaburkan? iya kali…hahahaha.

Bambang Priantono
Wordpresser amatir

13 Komentar

Filed under Uncategorized

13 responses to “(Catatan Pribadi Malam) : Mencari Kembali….(Cari aja di pasar, Mall, Emperan atau mana dah gitu).

  1. Haa jadi inget MP juga😦 sedihnya, bebepa MPers nggak memutuskan untuk ngeblog lagi pasca MP tewas.

  2. Iya anak-anak sekarang emang beda ya bikin narik nafas berkali-kali. Mereka sebenarnya tidak bandel tapi kritis yang tidak tersalurkan. Sebaiknya jangan menggunakan kata bandel ya Pak Guru🙂

    Kalau saya muji ga pernah basa basi ama siapapun, jujur. Tapi kalau kritik kadang pilih-pilih orang

    • Hahahahaha….daripada dibilang bengal hayo. Kadang mereka bersikap begitu karena dirumah kurang perhatian dan pelampiasannya di sekolah. Ortunya terlalu sibuk dan banyak yg sekarang besar di tangan baby sitternya, kalau pas dapat yg bener itu hoki. Tapi kalau pas dapat baby sitter yang nggak jelas perilakunya, itu bisa jadi bencana buat anak itu dan orangtuanya.

  3. itu gw dah nulis kan di pesbuk, nulis curhat😀

  4. Wawww keren udah 8 taunan ngeblog, saya bener2 masih amatiran ternyata. Keep blogging!! Saya menikmati poto2 skaligus tulisannya…

  5. WOW Keren nie artikelnya
    Sambil baca artikel ini, Aku numpang promosi deh !
    Agen Bola, Bandar Bola Online, Situs Taruhan Bola, 7meter

Tinggalkan Balasan

