(Kompetiblog 2013) : Smart Highway, Sistem Jalan Raya Masa Depan Bagi Dunia


ImageJalan bebas hambatan yang cerdas? Apakah itu benar ada? Selama ini yang kita ketahui hanyalah jalanan yang itu-itu saja dengan pencahayaan yang konvensional, dan bagaimana bila akan ada sistem smart highway yang tidak saja mampu membantu kita di malam hari, tapi sekaligus memberitahu kondisi jalan, cuaca dan memberi daya pada kendaraan listrik kita? Pastilah sistem jalan seperti ini akan menjadi idaman bagi semua pengguna kendaraan bermotor.

Sistem smart highway ini sedang dikembangkan oleh sebuah perusahaan desain asal Belanda yang juga sekaligus menjadi pelopornya di dunia.  Memang selama ini negeri yang berjuluk negeri kincir angin tersebut banyak membuat inovasi dalam berbagai bidang, dan pada pertengahan tahun 2013 nanti akan diujicobakan jalur pertama smart highway ini.  Menurut Daan Roosegaarde, pendiri  studio laboratorium desain Roosegaarde, jalur yang sedang dirancang perusahaannya dibuat dengan garis pembatas jalan dari cat photoluminescent yang akan mengisi ulang di siang hari dan bercahaya di kala malam. Jalur ini diharapkan akan menjadi ‘Route 66 of the future’ yang akan menjadikan perjalanan makin nyaman.

Image

Disamping bercahaya, cat yang dipakai sebagai pembatas jalan ini juga sensitif terhadap temperatur udara, sehingga dalam kondisi musim dingin, akan menampilkan kristal-kristal es dan pastinya akan mempermudah para pengguna jalan untuk lebih berhati-hati dalam kondisi membeku sekalipun. Ternyata jalur glow in the dark sekaligus sebagai penunjuk temperatur ini bukan hanya untuk kendaraan bermotor, namun juga untuk jalur bersepeda. Bahkan jalur bersepeda ini di titik tertentu akan mempunyai sistem pemanas bawah tanah (underground heating) yang akan menjadikan perjalanan dengan sepeda sebagai perjalanan yang menarik, khususnya bila dalam kondisi musim dingin.

Bila sistem smart highway ini sukses, tentunya akan menjadi contoh bagi negara lain didunia termasuk Indonesia untuk menerapkan sistem ini. Glow in the dark sekaligus memberitahu temperatur dan bisa me-recharge kendaraan listrik tentunya akan menjadi inovasi yang bermanfaat bagi kemajuan masyarakat dunia. Sementara bagi Indonesia, inovasi ini bila mendunia dapat dimodifikasi sesuai dengan kondisi negeri yang tropis, semisal memberitahukan suhu serta kadar kelembaban atau curah hujan.  Keamanan dan kenyamanan di jalan, itu esensi inovasi dari negeri kincir angin ini untuk dunia.

Kita nantikan..

Bambang Priantono

4 Mei 2013

Sumber gambar

Wired BBC

Referensi :

http://www.livescience.com/26088-dutch-smart-highway-netherlands.html
http://www.bbc.co.uk/news/world-europe-20942340

7 Comments Add yours

  1. ryan says:

    Hebat juga teknologinya. Clever idea.

    1. Iya, nunggu penerapannya nih.

  2. omnduut says:

    Teknologi Belanda memang cihuuuy ya mas Bambang 🙂

    1. Ha-ah…banyak banget malahan. 🙂

  3. fendikristin says:

    kereenn nih…sukur2 cepetan diterapkan di indonesia..jadi jalur mudik biar nga ada yg kecelakaan lagi..amiinn! 🙂

    1. Aamiin. Doain aja Jeng Kris biar jadi kenyataan…capek macet2 mulu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s