(Flash Fiction) : BOTOL TUA


ImageAku hanya sebuah botol kosong…Bertuliskan ‘Petroek Djadi Ratoe’. Dulu, sekitar puluhan tahun yang lalu, aku terisi dengan minuman limun paling populer di kotaku. Limun cap ‘Petroek Djadi Ratoe’. Limun yang berasa sprite kalau saat ini. Entah sudah berapa banyak yang menenggak limun itu melalui tubuhku. Kadang aku dimasukkan dalam koelkast agar segar. Masih teringat aku kala nonik-nonik Belanda selalu mengambilku dan mereguk isinya, sambil menggosipkan bintang Hollywood terkenal didampingi para pembantu inlandernya.

 
Kemudian ketika Jepang masuk negeri ini, akupun masih ada…ditenggak oleh para prajurit Jepang yang kehausan karena tak biasa dengan tropisnya negeri ini. Aku masih ingat pula, ketika menjadi saksi pertempuran demi pertempuran yang terjadi di tempatku berada.

Desingan demi desingan peluru para pejuang dan penjajah saling berjibaku. Aku hanyalah saksi bisu dari nonik-nonik Belanda hingga orang-orang yang meregang nyawa dalam perang hingga darahnya membasahi badanku.

Kini…aku terpajang sendiri. Aku hanyalah sebuah botol tua di sudut berdebu, yang menanti pemilik baru untuk menjadikanku sebagai barang pajangan nan antik.

Bambang Priantono
11 Januari 2013

16 Comments Add yours

  1. Aku lali, apakah pernah merasakan limunnya apa belum ya?
    Seingatku pernah melihat penampakannya saat berlibur di rumah nenekku yg di Magetan.

    1. Hehehehehe…diinget2 lagi

  2. Larasati says:

    kirain botol kecap pakdhe ternyata limun yah hehehe baru lihat soale,

    1. Diperhatiken baik2 hehehehe

      1. Larasati says:

        sudah kuperhatiken….heh

  3. Bams Triwoko says:

    Wow… inget jadoel, sepulang sekolah minum limun dingin.. segerr… 🙂
    Matur nuwun bisa nostalgia jadoel… !!

  4. Gek umure piro botol kuwi, mas….

      1. seumuran njenengan ya, mas…

  5. matahari_terbit says:

    dari dulu ngefans ama tutup-e botol limun kek gini..

    telaten banget bikinnya.. haha

    1. Hehehehe..iye, orang doeloe lebih telaten

  6. gun says:

    Memang dijual botol limun nya mas? Gunanto
    981218606748

    1. Itu ada di Toko antik di Kota Lama Semarang

Leave a Reply

