(Sentilan Sentiling) : Gedung Museum Aceh


ImageKoloniale Toonstelling atau Sentiling ternyata masuk daftar salah satu pameran dunia terbesar dimasanya, bahkan Pekan Raya Jakarta sendiri belum mampu menandinginya. Kenapa? Karena Koloniale Toonstelling ini merupakan gabungan antara PRJ dan Taman Mini Indonesia Indah, dimana banyak negara dan kerajaan Nusantara yang ikut berpartisipasi dalam ajang pameran yang dibuat untuk memperingati 100 tahun lepasnya Belanda dari kekuasaan Napoleon Bonaparte (dan ironisnya diadakan di tanah jajahannya sendiri).

Sentilan Sentiling kali ini akan membahas bagian kecil dari pameran yang kolosal di kota Semarang ini. Salah satu yang jadi perhatian saya adalah rumah adat Aceh yang dibuat dan dijadikan stand dalam Koloniale Toonstelling. Rumah Aceh ini memenangkan banyak penghargaan (termasuk medali-medali) sebagai salah satu stand terbaik. Dan dikarenakan senang, maka rumah Aceh ini dibawa pulang oleh Residen Aceh masa itu untuk dibangun ulang di Banda Aceh.

Nah, ternyata rumah Aceh yang dibangun di Semarang sebagai bagian dari pameran kolonial ini kemudian dijadikan sebagai Museum Negeri Banda Aceh yang hingga sekarang masih berdiri kokoh. Bagian ini hanyalah merupakan penggalan sejarah kecil dari perkembangan Kota Semarang secara menyeluruh.

Minimal dengan informasi kecil ini, semoga menjadi pemahaman yang lebih baik akan sejarah wilayah masing-masing. Dimana sejarah itu dipandang dari sudut berbeda-beda oleh pelakunya dan nantinya akan diwariskan kepada anak cucu di masa mendatang.

Bersambung

Gambar diambil dari sini

Advertisements

6 Comments Add yours

  1. Sigoese says:

    great info..!! keren iki.. tapi kok ra sido ngimel? πŸ˜€

    1. Sorry,…..durung sempat mrono je..hehehehehe

      1. Sigoese says:

        hehe dasare tanganku ya lagi semplak ding… malah ra iso nderekke den bagus tindakan.. πŸ˜€

  2. Aulia Fitri says:

    Terima kasih atas ulasanya Mas, dulu pas di Semarang sempat juga hadir di pasar Sentiling dan melihat foto kurator museum Aceh ini πŸ™‚

    Salam

    1. Sama-sama dan salam kenal juga ya πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s