(Banyumas Delicatessen) : Cerita Lama Tentang Ranjem dan Kampel Wangon


Perjalanan ke suatu wilayah, apalagi yang belum dikenal tentunya membawa sensasi tersendiri. Terlebih jika berhubungan dengan kuliner. Saya pribadi sepanjang itu halalan toyyibah, kuliner model apapun yang khas pasti akan dengan sedaya upaya saya cicipi kendati belum selevel Bondan Winarno yang maknyus itu. Daerah Banyumas ini mempunyai kekayaan kuliner yang unik, dan kadang-kadang ada beberapa jenis makanan yang endemik di suatu kecamatan tapi tidak dijumpai di kecamatan lainnya meski satu kabupaten atau eks karesidenan.

Pas hari kedua pagi-pagi sebelum ke Cilacap, Walah sudah merekomendasikan dua jenis gorengan yang adanya cuma di Kecamatan Wangon, bahasa lainnya endemik. Makanan tersebut adalah Ranjem dan Kampel. Mendengar namanya saja saya kok merasa aneh. Walah pernah memberitahu saya kalau akan disuguhi ranjem dan kampel yang rasanya tiada duanya. Hahahahahaa….Saya jadi makin penasaran saja seperti apa sih dua jenis gorengan tadi.

Selesai jalan-jalan ke Cilacap, saya dan Walah memutuskan untuk istirahat dulu dan ndilalah Bulik Walah sudah menyediakan sepiring gorengan berbentuk bulat-bulat yang namanya Ranjem. Sayapun dipersilahkan mencicipi makanan tersebut. Rasanya ternyata unik juga. Dalam kondisi panas, bagian luarnya terasa renyah, sedang dalamnya lembut sekali, manis, gurih dan ada rasa pedasnya. Kata orang-orang rumah, Ranjem ini terbuat dari ampas tahu yang sering dijadikan bahan pakan sapi. Halah! Sapi?? berarti saya makan pakan sapi dong! Hahahahahaa….Saya ambil satu lagi. Ternyata enak juga.

Saya tidak tahu persis bumbunya apa saja, tapi bahan utamanya menurut Bulik si Walah selain ampas tahu adalah daun kemangi dan juga potongan cabai rawit (kadang utuhan) sebagai merconnya. Jadi ada rasa pedasnya, dengan sensasi jebakan betmen.. Wow!!! Harganyapun murah meriah, 1000 dapat 3 biji dan penjualnya banyak bertebaran terutama di pusat kota Wangon.

Sementara gorengan tipikal lainnya adalah Kampel. Kampel ini sekilas mirip gorengan lainnya. Hanya bahannya dari ketupat. Kalau di daerah Banyumas, ketupat dibungkus dengan plastik, bukan pakai daun kelapa sebagaimana daerah-daerah lain di Nusantara ini. Ketupatnya sendiri -menurut info si Walah- diiris tengahnya, kemudian diisi dengan lauk.Lauknya apa saja, bisa tahu atau tempe yang dipotong-potong, sambal atau yang tipikal adalah dengan dages yang kalau di daerah lain disebut gembus atau di Malang disebut menjes. Irisan dages/tahu/tempe plus sambal itu diselipkan diantara ketupat dan nantinya dicelup dalam adonan tepung bumbu untuk kemudian digoreng sampai warnanya menjadi coklat keemasan.

 

Kampel Wangon

Makan kampel satu saja sebenarnya sudah bikin kenyang, karena terbuat dari ketupat tadi. Saya setuju dengan pendapat Walah kalau Kampel ini adalah Hamburger made in Wangon. Cuma sayang kalau mau cari kampel harus pagi-pagi ke kawasan sekitar Pasar Wangon agar tidak kehabisan. Sementara kalau Ranjem selalu tersedia sampai malam sekalipun.

Sungguh petualangan kuliner yang menyenangkan. Selain mencicipi mendoan langsung, saya juga mendapat bonus dua jajanan endemik tadi.

Advertisements

32 Comments Add yours

  1. Julie Utami says:

    Hahaha…….. jadi inget, ini yang dulu jadi makanan kebangsaannya mbak Tintin kan ya? Kayaknya hanya beliau deh yang kenal makanan ranjem dan kempel ini. 😀

    1. Wah, tanya Mbak Tintin kalau itu…emang dia pernah lama di Wangon ya?

      1. Julie Utami says:

        Wah saya kurang tahu soal pernah nggak nya mbak Tintin tinggal di Wangon. Yang jelas waktu njenengan posting ini di rumah lama, satu-satunya yang komen kangen sama makanan ini cuma mbak Tintin tuh. 😀

      2. Oooo…ai seee Tante hehehehee

  2. Wiwik says:

    lha njuk sapine maem apa kuwi
    nek makanan sapi ne dimaem njenengan, mas…?
    mesakne pi… sapi

    1. Mesakke yo…po meneh sapi larang saiki regane

  3. anotherorion says:

    kuwe malah rung tau njajal loro2ne

    1. Soale mung ning Wangon onone

  4. wetwetz says:

    Wah, cak nono jalan2 mulu nih, bikin iri 🙂

    1. Itu catetan lawas kok hehehehee

  5. Sigoese says:

    hehe.. lagi krungu iki… 🙂

  6. Nadarida says:

    ngebayangin rasanya n gedenya kok jadi bikin kenyang mas hehhee

  7. Iqbal Nm says:

    neng ajibarang yo ono kok mas

  8. akhmad arzaq says:

    lhalhalha,,,,q dwe warga wangon,r ene bosene mnikmati sg jnenge ranjem hehehe,,,

    1. Hehehehe, dadi kangen mrono mane. Tau dijak koncoku mobilan tekan Purwokerto sampe Wangon mung tuku ranjem sak bungkus.

  9. winda says:

    Nek balik wangon mesti digorengna dages ng mbaeh… d jangana dages karo tmpe… jen jangan wangon be rasane khas beda karo oseng oseng ng kene…nek sore prentah adine tuku ranjem ngarep smp 1 nek rep mangkat ming karawang ora kelalen mbungkus tuku gorengan ranjem,dages endah ng karawang d enget…tp rasane jan… gurih nglewihi perkedel… pernah dolan nggone batire suamiku gawakna ranjem wangon go olih olih … jere enak ky perkedel aku kon usaha ranjem bae ng kene gubrag…. ora bisa pak ora pinter gawene….

    1. Yen kuwe kudu meguru maning mbekayu…
      Rasane ki inyong paling seneng…apa maning sore-sore pas udan hahaha….

  10. diyoet says:

    hahaha
    iku mah panganan kesenengane inyong,,biasane mangan karo best plenku indri n ike,,pokoke kampel kue enak tenan 😀

  11. diyoet says:

    hahaha 😀
    kampel panganan enak tenan,,
    kenangan indah with indri n plen mangan kampel n ranjem nang curug 😀
    lophe you wangon slatri 🙂

  12. amelia mutiara safitri says:

    wah gue jadi lapar nih????????????????????????????????????

  13. Maskur says:

    randem itu banyak sinonimnya pak, di desa saya namanya Demplo, ada juga yang menyebut = Niwo, Ranjem, Themlek

    kalo kupat yang pake plastik adalah Kupat bersi Cepat… klo kupat standar tetap pakai janur kelapa..

  14. Maskur says:

    randem tak hanya di wangon… yaitu tadi di Somagede namanya Demplo

    di Wilayah lain Niwo, di wilayah lain lagi namanya Themlek…

  15. Sutarno says:

    Bagus sekali, selama ini kami baru mengerti silsilah banyumas mengerti sildils

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s