(Banyumas Journey) : Suatu Hari di Curug Cipendok – Tewasnya Kameraku


ImageSelama libur panjang kemarin, saya menghabiskan waktu untuk jalan-jalan ke wilayah Banyumas. Tentunya, bertemu dengan sahabat saya, Walah alias Eko Prasetyo Adhi. Saya berangkat dari tempat kerja sekitar pukul 15.00 WIB Rabu kemarin, dan baru dapat bis pukul 16.00 WIB ketika sudah putus asa karena tidak kunjung mendapatkan travel, karena maklum libur panjang. Alhamdulillah, saya sampai di Purwokerto sekitar pukul 23.00 WIB, dijemput oleh sohib yang sudah delapan tahun ini menjadi sahabat saya.

Esoknya pas pada tanggal 1 Muharram, saya dibawa oleh dia menuju salah satu air terjun yang jadi andalan kabupaten Banyumas, yakni Curug Cipendok. Curug berarti Air Terjun, sedang Pendok artinya cincin pada gagang keris..sementara Ci-nya berarti air. Jarak Curug Cipendok dari Purwokerto kira-kira 17-20 km dan sekitar 5 km dari jalan utama Purwokerto-Wangon melalui Jalan Raya Cipendok. Air terjun ini berada dalam wilayah Desa Karang Tengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Saya dan Walah naik sepeda motor kesana dan jalurnyapun sangat mudah untuk diakses, tapi ya itu…naik turun tidak karuan. Hahahahaha. Jalan menuju Curug Cipendok juga sangat indah, dengan hutan-hutan yang asri, sejuknya juga tak kalah dah…bahkan banyak losmen bertebaran didekat Curug Cipendok ini kendati banyak cerita miring mengenai fungsi losmen-losmen tersebut. Yah, memang nothing is perfect.Image

Karcis yang harus dibayar per kepala adalah 6000 perak. Waktu itu saya dan Walah plus parkir dikenakan biaya 13 ribu rupiah. Ya, itu bukan persoalan besar, sepanjang perjalanannya menyenangkan. Sayang cuacanya agak mendung, sehingga pemandangan yang dramatis susah didapat, ditambah kamera saya sudah sekarat alias sudah saatnya dimakamkan untuk digantikan yang baru. Jadi tak banyak yang saya jepret. Tapi ditengah2 masa akhir tugasnya itulah, saya dapat gambar-gambar yang cukup mewakili. 

Dari areal parkir, kami masih harus berjalan kaki kira-kira 1-2 km menuju air terjun. Jalanannya sudah dilapisi batu, dan kami disambut oleh pengamen yang mencari sesuap nasi dengan jual suara. Setelah itu barulah kami sampai ke tanah lapang dimana fasilitas seperti flying fox dan taman bermain tersedia, dan ketika mulai turun ke bawah, banyak warung berjajar. Curug Cipendok masihlah turun lagi. Namun sudah terlihat dengan jelas.

Subhanallah, ternyata Curug dengan ketinggian 92 meter ini benar-benar luar biasa. Percikan airnya saja sudah terasa bahkan kala kami masih ada di atas. Ternyata, selain curug utama, ada beberapa curug yang lebih kecil entah apa namanya juga mengalir di sebelah Curug Cipendok. Pendek kata, saya puas dengan menikmati pemandangan disana meskipun cuaca sedang labil bak ababil (abege labil). Sayangnya saya tidak sampai turun mendekati air terjun, karena kamera sudah harus diselamatkan, kendati sejatinya sudah dood alias mati masanya.

Berhubung sekaratnya kamera yang menemani saya selama dua tahun inilah, saya harus segera gunakan untuk bernarsis ria mulai dari jalur hingga ke curugnya, ya sebelum akhirnya harus berpisah dengan kamera itu untuk selama-lamanya. Yah, tunggu saatnya nanti akan beli lagi yang lebih baik. Olympus….terima kasih telah menemaniku mengambil gambar-gambar yang indah selama 2 tahun ini. 

Curug Cipendok, suatu hari saya akan kesana lagi.

 

Bambang Priantono

18 November 2012

22 Komentar

Filed under Banyumas, Budaya, Foto, Kuliner

22 responses to “(Banyumas Journey) : Suatu Hari di Curug Cipendok – Tewasnya Kameraku

  1. Dolan thok,, maklum bujangan :-p

  2. Haryo Wicaksono

    Wayahe tuku SLR iki Mas…😀

  3. Lho rusak kenapa kameranya?

  4. Larasati

    rusak kenapa pakdhe??

  5. Wis gek ndang mundut kamera anyar ngagem gaji sing seka pegaweyan anyar. Terus mengko diagem mblayang meneh menyang Jawa Barat ya?!

  6. Beli kamera baru berarti ganti DSLR dong cak😀

  7. waktunya di lem biru itu kamera🙂
    Air terjunnya tinggi juga ya.. kalah deh tinggi air terjun curug sawer sukabumi

  8. itu artinya sudah tiba waktunya ganti dgn SLR yoo😉

  9. agustriana ze'a

    curug cipendok memang indah udaranya sejuk aku pernah kesitu waktu masih smp th 86 yg lampau

Tinggalkan Balasan

