(Tulisan Lama) : MIRIP ORANG SUMERIA?


Blog Entry (Kembang Lambe Selasa) : MIRIP ORANG SUMERIA? Feb 27, ’12 7:31 PM
for everyone
Sudah cukup lama saya tidak menulis tentang hal-hal yang berbau kecandian setelah hampir setahun saya tidak lagi menjelajah candi ke candi, sebagaimana yang dulu suka saya lakukan. Tadi kala membuka-buka album multiply saya tentang candi, tiba-tiba saya tertarik dengan salah satu album foto yang mengisahkan perjalanan ke Candi Cetho lebih dari 3 tahun yang lalu, saya teringat dengan patung-patung dan bentuk bangunan candi disana yang lain daripada yang lain.Arsitektur candi yang konon dibangun pada masa akhir Kerajaan Majapahit ini sangat berbeda karena lebih mirip dengan bangunan kuil suku Aztek atau Maya dari Meksiko. Sedangkan patung-patungnyapun banyak yang tidak mencerminkan wajah orang Jawa pada umumnya. Yang bila diamat-amati malah lebih menyerupai ras lain yang ada di muka bumi. Hal ini membuat saya bertanya-tanya, apa benar Candi Cetho dan Sukuh itu dibangun dimasa akhir jaman Majapahit atau justru jauh lebih tua dari itu? Sebuah buku di Gramedia yang mengongnya saya lupa judulnya karena terlalu terpesona tentang budaya Atlantis mencantumkan Candi Cetho dan Sukuh serta candi-candi di Indonesia yang ukirannya menunjukkan sangat jauhnya ras Nusantara ini menyebar hingga ke benua Amerika.

Relief yang menggambarkan aneka ras didunia juga terukir abadi di candi-candi seperti di Penataran, sedang di Candi Cetho yang saya kunjungi ini saya baru sadar bila diamat-amati patung dicandi itu banyak serupa dengan patung-patung wajah bangsa Sumeria yang hidup ribuan tahun sebelum Majapahit ada. Lantas saya berpikir, apa benar kita sudah merantau bahkan sampai melampaui wilayah Asia, Samudera Hindia dan Oceania hingga benua Amerika? Lantas apa ada bagian sejarah yang disembunyikan selama berabad-abad?

Saya hanya bisa menerka-nerka seperti apa perdagangan atau hubungan antar bangsa dimasa dimana komunikasi masih belum secanggih sekarang. Bahkan di era yang sudah begitu lampaunya sampai akhirnya terbongkar kalau kerajaan tertua di Indonesia bukanlah Kutai melainkan Kerajaan Kandis di Riau yang sudah ada sejak masa sebelum masehi serta interaksi budaya yang terjadi namun tak tercatat dalam buku sejarah kita. Memang saya tidak menggunakan referensi secara resmi, namun saya punya keyakinan kalau di masa lalu Nusantara sudah terkontak bahkan pernah konon menancapkan kekuasaannya di berbagai belahan dunia.

Mirip ya? hahahahahaha..mengong!

Apakah ini berkaitan dengan bumi Nusantara yang dikatakan sebagai jantung benua Atlantis yang hilang? Serta betapa miripnya cerita-cerita rakyat di dunia satu sama lain seperti antara Oedipus dan Sangkuriang, Cinderella dengan Bawang Putih-Bawang Merah dan banyak lagi yang bila dijabarkan akan makin panjang. Mirip meski dalam versi berbeda sebagaimana yang pernah saya dapat saat menyelundup masuk kuliah Folklore FISIP 13 tahun yang lalu (hahahahaha..penyelundup sejati).

Melihat foto-foto itu, entah karena saya terpengaruh teori konstipasi (eh, itu sembelit ya?) atau apa, saya jadi merasakan begitu banyak sejarah yang hilang atau sengaja dihilangkan demi kepentingan politis. Patung mirip Sumeria ini saya yakini juga tersebar diberbagai penjuru tanah air cuma butuh waktu untuk ditemukan kembali. Saya sangat tertarik untuk mendalami sejarah yang masih penuh misteri dibalik keberadaan candi ala Aztek-Maya di Jawa Tengah ini. Sejarah memang tergantung pada siapa yang berkuasa dan siapa yang dominan. Hanya, sekecil apapun sejarah itu haruslah tertorehkan, tinggal menunggu kapan itu akan terungkap.

Semoga menjadi renungan kita bersama.

Wallahualam

Bambang Priantono
28 Februari 2012
Semarang

Sumber gambar
Foto pertama
Foto kedua
Foto ketiga
Foto keempat 

48 CommentsChronological   Reverse   Threaded

debapirez
debapirez wrote on Feb 27
yg di Garut gmn tuh,Kang? kira2 ada ga tuh peninggalan2 jaman dahulu kala?

bambangpriantono
bambangpriantono wrote on Feb 27
debapirez said

yg di Garut gmn tuh,Kang? kira2 ada ga tuh peninggalan2 jaman dahulu kala? 

Ya ini masih jadi perdebatan sengit…
Kita bisanya menanti

tuneman
tuneman wrote on Feb 27
Mirip maya, inca & aztec…wahh baru tau nih, apa pernah dijalankan kajian tentang kemiripan ini?

bambangpriantono
bambangpriantono wrote on Feb 27, edited on Feb 27
tuneman said

Mirip maya, inca & aztec…wahh baru tau nih, apa pernah dijalankan kajian tentang kemiripan ini? 

Pernah, tapi entah tidak ada kelanjutannya. Ada buku yg menceritakan hal itu dan sekarang sudah dapat ditemui di toko buku disiniTengok foto2 disini :

http://bambangpriantono.multiply.com/photos/album/537/
dan
http://bambangpriantono.multiply.com/photos/album/538

tuneman
tuneman wrote on Feb 27
Udah liat..ya mirip, tapi pak kan candi Inca/Aztec juga mirip piramida di Mesir.

bambangpriantono
bambangpriantono wrote on Feb 27
tuneman said

Udah liat..ya mirip, tapi pak kan candi Inca/Aztec juga mirip piramida di Mesir. 

Iya,belum sebuah bukit di Garut, Jawa Barat yang sempat dinyatakan aslinya sebuah piramida. Wallahualam.

tuneman
tuneman wrote on Feb 27

sebuah bukit di Garut, Jawa Barat yang sempat dinyatakan aslinya sebuah piramida. 

Woaaa…sayang yg ku liat hanya Borobudur, Prambanan dan Mendut : (

bambangpriantono
bambangpriantono wrote on Feb 27
tuneman said

Woaaa…sayang yg ku liat hanya Borobudur, Prambanan dan Mendut : ( 

Bila-bila nanti jelajah pulak candi-candi yang tak popular

estiningtyas
estiningtyas wrote on Feb 27
aku seneng jeh baca tulisan ttg sejarah candi kek gini. kutunggu tulisanmu yg lain ya pak dosen. candi cetho tepatnya dimana ya Pak dosen ? pernah denger tapi lupa dimana hehhee. di daerah klaten yo ?

bambangpriantono
bambangpriantono wrote on Feb 27

aku seneng jeh baca tulisan ttg sejarah candi kek gini. kutunggu tulisanmu yg lain ya pak dosen. candi cetho tepatnya dimana ya Pak dosen ? pernah denger tapi lupa dimana hehhee. di daerah klaten yo ? 

Lereng Gunung Lawu, masuk Karanganyar…masih satu zona dg Tawangmangu. Ada dua candi tapi jaraknya berjauhan. Aku yg sempet datang yang Cetho, yang Candi Sukuh belum.

jampang
jampang wrote on Feb 27
ho oh…. mirip

bambangpriantono
bambangpriantono wrote on Feb 27
jampang said

ho oh…. mirip 

Hahahaha…lumayan lah daripada lumanyun

itsmearni
itsmearni wrote on Feb 27
saya belum pernah ke candi cetho
pengeeeeeen

anotherorion
anotherorion wrote on Feb 27
hehehe mbuh juga kuwi

liamahyudin
liamahyudin wrote on Feb 27
Itu foto sapa ?
Emang mirip sih.. 😀

huflepuff
huflepuff wrote on Feb 27
hmm.. misterius.. sayangnya fakta ini tidak pernah diajarkan di sekolah.. malah diajarkan sejarah palsu PKI.
Btw, yang paling misterius itu ada patung kembar siam dempet kepala nomer 2 dari bawah..
Hmmm… *mikir serius*

tuneman
tuneman wrote on Feb 27
huflepuff said

sejarah palsu 

bukan sejarah palsu, sejarah doktrin hehehehe,,

huflepuff
huflepuff wrote on Feb 27
Doktrin melanggengkan kekuasaan suharto..
saya cara ini berlaku pula kat Malaysia pakcik? 🙂

tuneman
tuneman wrote on Feb 27, edited on Feb 27
Ya semuanya..doktrin kolonial master : )

ibuseno
ibuseno wrote on Feb 27
Bangsa Sumeria ?? baru denger saya..
bukan orang Samaria ya Cak ?

ivan0narsis
ivan0narsis wrote on Feb 27
Salam Candi!

lailatulqadr
lailatulqadr wrote on Feb 27
Keren Cak.!

fendikristin
fendikristin wrote on Feb 27
akhirnya ke candi juga Mas Nono :Dbtw, itu foto bener2 mirip deh jangan2 orang sumeria mirip cak nono semua ya :p

siantiek
siantiek wrote on Feb 27
horeeee pak dosen kembali ke alamnya 😀
udh ga mengong lagi 😀

martoart
martoart wrote on Feb 27
ntar lagi pada ngomongin tentang Atlantis di Indonesia. pseudo-historic

bambangpriantono
bambangpriantono wrote on Feb 28
itsmearni said

saya belum pernah ke candi cetho
pengeeeeeen
 

Ayooo kesana dong

bambangpriantono
bambangpriantono wrote on Feb 28

hehehe mbuh juga kuwi 

Cek wae

bambangpriantono
bambangpriantono wrote on Feb 28

Itu foto sapa ?
Emang mirip sih.. 😀
 

Hahahahahaha

bambangpriantono
bambangpriantono wrote on Feb 28
huflepuff said

hmm.. misterius.. sayangnya fakta ini tidak pernah diajarkan di sekolah.. malah diajarkan sejarah palsu PKI.
Btw, yang paling misterius itu ada patung kembar siam dempet kepala nomer 2 dari bawah..
Hmmm… *mikir serius*
 

Hmmm..misterius kaan?

bambangpriantono
bambangpriantono wrote on Feb 28
tuneman said

bukan sejarah palsu, sejarah doktrin hehehehe,, 

Tiap negara kan pasti begitu
Mana ada sejarah yg benar sejati

bambangpriantono
bambangpriantono wrote on Feb 28
huflepuff said

Doktrin melanggengkan kekuasaan suharto..
saya cara ini berlaku pula kat Malaysia pakcik? 🙂
 

Doktrin

bambangpriantono
bambangpriantono wrote on Feb 28
tuneman said

Ya semuanya..doktrin kolonial master : ) 

DOCK-TREEN

bambangpriantono
bambangpriantono wrote on Feb 28
ibuseno said

Bangsa Sumeria ?? baru denger saya..
bukan orang Samaria ya Cak ?
 

Itu bangsa pertama di Mesopotamia

bambangpriantono
bambangpriantono wrote on Feb 28

Salam Candi! 

Hidup candi!

bambangpriantono
bambangpriantono wrote on Feb 28

Keren Cak.! 

Terima kasih..:)

bambangpriantono
bambangpriantono wrote on Feb 28

akhirnya ke candi juga Mas Nono 😀

btw, itu foto bener2 mirip deh jangan2 orang sumeria mirip cak nono semua ya :p 

Itu foto lama lho..cuma diputar ulang buat perbandingan.

bambangpriantono
bambangpriantono wrote on Feb 28
siantiek said

horeeee pak dosen kembali ke alamnya 😀
udh ga mengong lagi 😀

Masih kok, tenang aja..hahaha

bambangpriantono
bambangpriantono wrote on Feb 28
martoart said

ntar lagi pada ngomongin tentang Atlantis di Indonesia. pseudo-historic 

Pada udah deh, daripada rempong cerita intrik hehehehe

debapirez
debapirez wrote on Feb 28

Ya ini masih jadi perdebatan sengit…
Kita bisanya menanti 

proyeknya Andi Arif tuh hehe…

bambangpriantono
bambangpriantono wrote on Feb 28
debapirez said

proyeknya Andi Arif tuh hehe… 

Dapet berapa yaa??

thebimz
thebimz wrote on Feb 28
wah asik nih.. kayak National Treasure..

bambangpriantono
bambangpriantono wrote on Feb 28
thebimz said

wah asik nih.. kayak National Treasure.. 

Hehehehee..masih cuma coretan kecil kok

huflepuff
huflepuff wrote on Feb 28

Hmmm..misterius kaan? 

hmmm… *sek mikir*

rembulanku
rembulanku wrote on Feb 28
biasane wong2 kae madake rupa ning bonbin
lha iki malah ning candi xixixixi….. jian tenan podho2 gundule
*balang reca*

bambangpriantono
bambangpriantono wrote on Feb 28
Haryo : ojok kesuwen

bambangpriantono
bambangpriantono wrote on Feb 28
Lala: balaaaaanggg

walah
walah wrote on Feb 28
Sayang guide-nya malah pindah ke Golden Water yo… wakakakakak
Next time lah No… Aku yo rencana balik Solo meneh kok.

bambangpriantono
bambangpriantono wrote on Feb 28
walah said

Sayang guide-nya malah pindah ke Golden Water yo… wakakakakak
Next time lah No… Aku yo rencana balik Solo meneh kok.
 

Seeepp….selagi sik nang kene yowwww

4 Comments Add yours

  1. Terkadang sejarah sering direkayasa penguasa

    1. Memang
      Sejarah tergantung siapa yg berkuasa

  2. ibuseno says:

    Sumeria atau Samaria sih Cak ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s