(Galeria Spesial) : Misteri Bangsa-Bangsa Dunia di Candi Penataran


Relief Candi Penataran, Blitar ini mengundang pertanyaan besar dalam benak saya. Dalam sebuah buku tentang Atlantis, ukiran Candi Penataran banyak menggambarkan bangsa-bangsa di dunia, bukan sekedar bangsa di Nusantara.

Ada model bangsa Aztek/Maya, Mesopotamia, Yahudi, Afrika dan lain-lain….entah…misteri itu pasti akan segera terungkap. Corak garuda yang ada di sana juga mirip sekali dengan yang di Amerika Tengah sana. Menunggu untuk diungkap lebih dalam.

Foto-foto ini hanya sebagian kecil dari foto perjalanan saya ke Candi Penataran, Blitar pada hari raya Idul Fitri lalu.

Image

ImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImage

Advertisements

34 Comments Add yours

  1. nenkmetty says:

    ayo buat penelitian cak

    1. Sebenarnya sih udah ada bahkan bukunya udah dipublikasi.Aku pengen beli tu bukunya.

  2. Haryo Wicaksono says:

    Kalau National Geographic Channel dikasih info ini bisa jadi liputan besar Mas 😀

    1. Eh, ada bukunya lho…aku lupa tapi bukunya apa..ttg bangsa atlantis.

  3. Gimana caranya bisa tahu bahwa itu model bangsa Aztek/Maya, Mesopotamia, Yahudi, Afrika?
    Saranku setiap foto sampeyan kasih caption, biar jelas keterangannya.

    1. Nanti kukasih penjelasan, tapi carane caption yok opo yo ndik WP iki?

  4. Larasati says:

    waahh siiippp pakdhe, menungguuuu haha menunggu penjelasan detail dari pakdhe Bambang soal bangsa2 lama ituuu

    1. Sabar ye…masih nyari-nyari juga. Soalnya pernah ada bukunya.

  5. umarfaisol says:

    Bicara soal atlantis, ingat film Journey 2.

  6. nur4hini says:

    cari theme yang support galleri cak, biar bisa kasih caption dan juga bisa komen di masing-masing foto. njenengan meluncur di mbak evi, dia dulu yang kasih info tentang galleri biar bisa majang foto .

    1. Pelan2 Mbak…hehehehee..maklum masih angin2an disini

  7. musfarayani says:

    Bikin galerinya gimana siiiiih, hiks :p

    1. Aku aja baru belajaran kok hehehehe

  8. muhammad shofwan says:

    Assalamu a’laykum wa rohmatullahi wa barokatuh.

    Mas Bambang, saya sangat senang dengan tulisan dan galeri fotonya. Saya juga lagi ngumpulin tulisan tulisan sejarah manusia. Saya minta tolong dong, saya kehilangan jejak sejarah keturunan anak anak nabi Nuh yaitu Sam, Yafid dan Ham. Penyebaran mereka kemana saja dan mewarisi bangsa apa saja. Matur nuwun, jazakallahu khoir wa barokallahu fik.

    1. Waalaikumsalam Warahmatullah

      Terima kasih sebelumnya atas apresiasinya. Sayapun masih mencari-cari, karena misteri itu harus dipecahkan. Saya sendiri juga sangat terkejut ketika banyak ukiran2 di Candi Penataran yang merepresentasikan berbagai bangsa didunia ini. Mungkin juga termasuk Candi Cetho, Sukuh, Gunung Padang dan lain-lainnya. Mungkin saya hanya bisa membantu sedemikian, dan insyaallah semoga semuanya bisa diungkap pada waktunya.

      Syukriya.

      1. muhammad shofwan says:

        Mas Bambang bisa bahasa sansekerta atrau India ya….kok penutupnya pakai SUKRIYA…. bukankah itu bahasa India memangh dekat dengan bahasa Arab…SYUKRON he..he..he saya sok tahu aja neh. Salam Lemuria Nuswantara

      2. Hahahahaha…Syukriya itu sebenarnya pinjaman dari bahasa Arab yg diadaptasi ke bahasa Urdu. Urdu dan Hindi sebenarnya masih satu bahasa, hanya karena masalah politik dan agama akhirnya seolah terpisah. Kalau Hindi standar biasanya ‘Dhannyavad’. Tapi kalau kedua penutur bahasa2 ini saling ngerti kalau bahasa percakapan atau pas nonton film2 Bollywood. Bahasa2 India dg Arab itu bukan satu keluarga. Satunya Indo-Arya, satunya lagi Semitik (masih saudara dg Ibrani, Aram, Turoyo, Mandaik, bahasa2 Arabia Selatan dan bahasa2 di Ethiopia).

  9. muhammad shofwan says:

    Mas Bambang, bener gak Hindi itu berasal dari cucunya Nabi Nuh yang bernama HIND satunya bernama SINDH dari ANAKNYA Kush bin Ham bin Nuh. Ham bermigrasi ke Afrika selanjutnya Kush ke India lahirlah Hind dan Sindh (lihat sungai Sindhus ). Mereka adalah anak keturunan dari Ham bin Nuh yang berkulit hitam dan berambut keriting halus. Selanjutnya mereka ada yang bermigrasi ke Nusantara tapi kegusur lagi oleh bangsa Malay sehingga nyangkutlah mereka di flores, maluku dan papua. Mohon koreksi dan kritiknya. Matur nuwun.

    1. Wallahualam kalau soal itu. Kalau dari segi linguistik, Hindi, Urdu, Marathi, Bengali, Gujarati, Sinhala, Assam, Dhivehi dkknya masih berinduk dari bahasa Sansekerta. Kemudian Hindi itu sendiri kalau secara resminya berasal dari kata Hindu, dan tanah India ini disebut Hindustan.
      Saya masih belum menganalisa sampai sejauh itu, namun pergerakan manusia itu disebut2 berawal dari Afrika yang kemudian menyebar sampai kemana-mana dan mengalami perubahan.

      1. Muhammad Shofwan says:

        Iye deh cukup mas Bambang matur nuwun.

  10. muhammad shofwan says:

    Tapui maaf, masih ada yabng mengganjal difikiran saya…sedikit. Bukankah bahasa sansekerta itu asalnya dari Persia begitu juga dengan kitab Veda juga dari Persia. Sedangkan agama Hindu itu memang dikembangkan dipesisir sungai Sind dan Gangga tapi asal mulanya bernama SANATA DARMA begitukah kisahnya mas Bambang. Saya sebenarnya bukan sejarawan tapi akuntan tapi seneng sejarah karena dulu punya taman bacaan isinya buku sejarah melulu ….tapi itu waktu saya masih duduk di bangku SR tahun 60 an. Dari mahabarata, barata yuda, arjuna wiwaha, gatotgaka sewu, ramayana sampai Alexander great, jengis khan, fira’un wah masih banyak deh buku bapak saya duluuuuuu sekali he..he..he bukunya udah pada raib dipinjem orang pada gak balik. Wallahu a’lam.

    1. Sebenarnya asal mula bangsa Arya juga masih kabur didalam sejarah. Sansekerta dan Avesta (cikal bakal bahasa Persia) sebenarnya juga satu kerabat, dan masih satu keluarga besar bahasa2 Indo-Eropa yang membentang dari Irlandia sampai Bangladesh, dari Skandinavia sampai Maladewa. Hehehehe..memang banyak yg masih harus dieksplorasi dari semua itu kok. Saya juga cuma seorang guru yg suka baca2 sejarah kok.

  11. muhammad shofwan says:

    Kalau baaca silsilanya Nabi Nuh as, keturunan Sam bin Nuh ada yang bernama Farsi, itulah dia yang menurunkan bangsa Persia. Dia bermigrasi ke Persia setelah yang lainnya bermigrasi ke Afrika dan Eropa. Tetapi ini juga contekan dari blogspotnya pengikat surganya bu Tutik Hasanah. Coba cek saja sama bu Tutik Hasaah yag bikin buku sejarah dalam bentuk novel. AKUN Facebooknya TUTIK HASANH.

  12. esa says:

    wah enak sikon pnulis bisa jalan2. Relief2nya Jlas ada hubungan dgn bangsa2 lain.gaya ‘piramid’ aztec,dll mngambil bntuk dasar dari ‘candi’ bangsa nusantara ini. Stiap pninggalan dlm bntuk apapun yg tdk bisa dibawa,diketahui oleh bangsa2 pnjajah bule eropa,dkknya pasti mrk sudah brusaha memanipulasi(ada mnambah,mngurangi,mnghpus,mngganti) n ada juga yg tdk diketahui n atau trpaksa ditinggalkn stlah pnjajah ‘tdk tulus’ mngakui kdaulatan indonesia.

    1. Yah, memang begitulah.
      Sejarah tergantung pada siapa yang berkuasa.

  13. esa says:

    bangsa ‘nusantara’ ktrunan nabi adam dari slh 1 putra generasi awal anak2nya yakni sis/syis mnurut bagan silsilah serat kitab kanda/kandha pulau jawa. Nbi nuh n ktrunanya entah pd gnrasi kebrapa dari ktrunan Nbi adam, pecahny bnua ‘sundaland’ entah juga pada jaman nabi siapa.

  14. esa says:

    Syis seorg nbi juga(diluar 25 nbi dlm quran). Dahulu hanya ada 1 daratan sangat luas dgn lautnya(gnrasi awal anak2adam,1 bahasa 1 aksara),di bagian tngah daratan itu paling tinggi pradabanya(pusatnya) dari yg lbh tinggi n tinggi dibandingkn di bagian2 lainya daratan itu,gnrasi slanjutnya,nbi idris. Trus kena bncana banjir bsar(gnrasi nbi nuh dgn kaumnya) pcah mnjadi bbrapa bnua n pulau2 bsar n kcil. Stlah banjir surut dimulai dr awal lg mmbangun pradaban di msg2 bnua pulau2 itu. Slh 1 bnua tu yg dahulu bagian pusat dr daratan sangat luas kena banjir bsar kedua(banjir lokal) yg mmcahkn slh 1 bnua tu mnjadi bbrapa pulau bsar n ribuan pulau kcil.

  15. esa says:

    Bangsa dr slh 1 bnua yg sudah trpcah2 jadi bbrapa pulau tu krn banjir bsar lokal mmbangun kmbali msg2 pradaban n mnjalin hubungan n sbagian kawin campur dgn bangsa2 dr bnua2 n pulau lainya yg sudah trpcah juga. sudah tntu ‘pnampakan’ org2 yg msg2 brada di pulau2 bsar kecil di slh 1 bnua yg trpcah itu, sprti org cina,india,arab,afrika bahkn eropa sampai skrng.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s