(Catatan Sabtu) : Keliling Semarang Lewat BRT Koridor II


Bagi warga Jakarta mungkin bis trans merupakan hal biasa, meskipun masih banyak yang lebih suka naik jenis angkutan lain atau kendaraan pribadi. Di Semarang sendiri sejak 3 tahun lalu sudah diadakan sarana angkutan sejenis yang oleh masyarakat setempat lebih sering disebut BRT. Jalurnya masih disebut Koridor 1 yang mencakup Mangkang-Penggaron PP. Dulu saat masih kerja di wilayah Majapahit, jika ada kesempatan saya usahakan naik BRT arah Penggaron, karena disamping ber-AC, juga lebih nyaman dibanding naik angkot jenis lainnya (kecuali Bis Damri).

Namun kekurangannya tetap ada, yakni tidak turun ditempat yang diinginkan dan harus di halte yang sudah tersedia. Jadi bagi yang tempatnya jauh dari jangkauan BRT ya naik sarana lain.

Saya sampai detik ini justru belum pernah naik BRT jurusan Mangkang. Seringnya ya arah Penggaron meski turunnya di daerah BLK yang dekat dengan ‘makam’ (bekas tempat kerja saya dulu). Tarifnya juga tidak berubah yakni Rp 3.500,- untuk umum dan Rp 2.000,- untuk pelajar berseragam. Biasanya setiap pagi BRT jurusan Penggaron selalu penuh sehingga harus berdiri, dan didominasi anak-anak sekolahan yang kebanyakan turun di halte Toko Buku Merbabu, dan setelahnya lega karena banyak tempat kosong. Tapi kalau menjelang sore, yang jurusan Mangkang sering penuh. Namun titik pertemuan kedua jurusan ini ada di dua halte kawasan Pemuda, yakni halte SMAN 5 dan halte Balaikota.

Nah, pada tanggal 1 Oktober 2012 berselang telah diresmikan Koridor II yang melayani jalur dari utara ke selatan. Yakni dari Terminal Terboyo sampai Terminal Sisemut, Ungaran. Saya kurang tahu persis berapa banyak armadanya, namun ada beberapa unit bis baru yang cukup nyaman, sedang sisanya adalah lungsuran dari koridor 1. Saya pernah coba sekali naik BRT Koridor 2 dari halte Kesatrian saat pulang kerja. Cuma kebetulan dapat yang lungsuran bis dari Koridor I.

Tadi pagi, berhubung Sabtu libur, maka saya sekalian coba Trans Semarang jurusan Terboyo-Ungaran ini. Saya sempat salah halte, yakni masuk halte SMAN 5. Kata petugasnya, kalau mau ke jurusan Ungaran silakan tunggu di halte Balai Kota tepat diseberangnya. Saya menunggu kira-kira 15 menitan setelah bayar seharga Rp 3.500,- ke petugas halte Balai Kota. Ketika bis jurusan Ungaran datang, ternyata yang naik hanya dua orang. Saya dan seorang bapak-bapak. Sedangkan 3 orang adalah petugasnya. Berhubung saya sedang ngantuk-ngantuknya karena bangun terlalu awal (jam 1.30 WIB), maka saya kurang seberapa menikmati. Tapi minimal sepinya bis membuat saya lebih nyaman.

“Mas turun mana?” tanya kondektur

“Hmmm…Alun-alun saja.” Jawab saya

“Eee…nggak deh, di Sisemut saja.” Ralat saya.

Apalagi setelah bapak-bapak itu turun di halte Akpol, saya benar-benar sendirian. Bahkan sampai menjelang Alun-Alun Ungaranpun saya sendirian. Sampai di halte kecil Alun-Alun Ungaran, baru ada beberapa ibu yang naik. Kalau saya dengar tujuannya ke Simpang Lima. Sesampai di Sisemut, saya malah tidak turun. Menunggu saja sampai bis itu berangkat lagi. Kalau tidak turun-turun kan otomatis tidak ditarik biaya tambahan. Apalagi saya sudah bilang “Mas, saya nggak turun. Kembali saja.” Hehehehee.. jelas ketahuan betapa katronya saya. Dan kondekturnya mungkin sudah maklum niat saya yang hanya jalan-jalan.

Bispun berangkat lagi setelah 15-20 menit ngetem di Sisemut. Kali ini lebih ramai. Dari semula 1 orang (supir dan kondektur tidak dihitung), jadi 8 orang di Ungaran. Kemudian bertambah 3 orang jadi 11 orang saat berhenti di halte Kesatrian. Kira-kira 45 menit perjalanan yang ditempuh dan total pulang-pergi jadi 90 menitan. Saya sampai lagi di Halte SMAN 5 sekitar pukul 10.45 dan memutuskan untuk tidak lanjut ke Terboyo. Tapi jika anda berangkat dari Ungaran atau Banyumanik dengan BRT dan ingin melanjutkan perjalanan ke arah Penggaron maupun Mangkang, cukup transit di Halte SMAN 5. Di Halte akan ada petunjuk, bila ingin transit geser ke sisi kanan halte, sedangkan jika ingin keluar silakan lewat sebelah kiri halte. Dan tidak perlu membayar lagi untuk transit tersebut.

Sedang untuk halte-halte yang dilalui BRT Koridor II Terboyo-Ungaran adalah sebagai berikut :

Dari Terboyo

Terboyo-RSI Sultan Agung-Lik Tengah-Seberang Kampoeng Semarang-Sawah Besar Kaligawe- Pasar Kobong – STIE BPD Jateng Johar-Balai Kota- Katedral – RSUP Kariadi-Ngaglik-SPBU Gajahmungkur-Elizabeth-Pasar Kagok- SPBU Akpol-Don Bosko- Kesatrian- Bukitsari – Ngesrep-Ruko Setiabudi-SPBU Sukun- Banyumanik-Mega Rubber- Gedawang – Alun2 Ungaran- Sisemut.

Dari Sisemut

Sisemut- BPK Jawa Tengah- Gedawang – Mega Rubber- Pasar Banyumanik- TK Srondol – Pasar Jatingaleh – Kesatrian – Don Bosko- Gelael Akpol – Taman Gajahmungkur- RS Wira Bhakti Tama – SMAN 5 – Layur – Stasiun Tawang – Pertamina Pengampon – SPBU Kaligawe – SMP Sultan Agung – RSI Sultan Agung – Terboyo.

Sebenarnya di Jalan Imam Bonjol ada dua halte kecil yang dipakai untuk BRT. Tapi entah kapan halte kecil itu digunakan. Tapi yang jelasnya, meski masih sepi penumpang, namun BRT koridor 2 ini diharapkan dapat mempercepat akses terutama dari utara ke selatan kendati tanpa jalur khusus sebagaimana di Jakarta.

Advertisements

75 Comments Add yours

  1. nenkmetty says:

    so, what’s BRT stand for?

    1. nenkmetty said:
      so, what’s BRT stand for?

      it’s stands for Bambang pRianTono.

      1. expareto says:

        It’s short from Bantuan Rangsung Tunai..
        Memang partainya wong cilik…
        ehh

  2. Sigoese says:

    Pernah naik sekali dari daerah deket Ngaliyan, nunggunya lama. Udah dapet, maunya turun Tugu Muda, ternyata shelternya ada di Jl. Pemuda deket Amaris tuh… Wah, habis itu jalan kaki deh.. 🙂

    1. Ayo, kapan kesini lagi? keliling2 Semarang berjamaah wis..hehehehehe

      1. Sigoese says:

        wah, dulu rong minggu pisan, Mas… hehehe…

        oke kapan ya….

      2. Kabari wae…kalau mau kesini PM dulu aja

      3. Sigoese says:

        lapan anam! 😀

  3. Mestinya ngomong ke kondekturnya: “harap dimaklumi pak! saya adalah seorang pelancong sejati..”

    1. Hahahahaa..harusnya gitu sih.

  4. fgassette says:

    Thank you for visiting my blog today. I appreciate the time you took to stop by. May your day be filled with joy and peace.
    BE ENCOURAGED! BE BLESSED!

    1. Thank you very much for stopping by too…. hopefully we can visit each other then 🙂

  5. Ika says:

    Mas, bisa minta info buat halte2 di koridor 4? Juga, halte Banyumanik cuma ada di Sukun dan Pasar Banyumanik? Terima kasih.

    1. Kalau di Semarang adanya cuma 2 koridor…

      Halte di Banyumanik ada beberapa sih, mau di Srondol ada juga kok.

      1. Ika says:

        Oh, saya baca di wiki ada 6 koridor, ternyata baru rencana. Hahaha ya sudah ga papa, pelan2. Halte di Banyumanik ada beberapa ya? Wah saya excited nih mau pulang kampung. Saya aslinya Banyumanik, udah hampir 3 tahun ga nengok kampung.

      2. Oooo…belum kok. Masih dua koridor yakni yang Mangkang-Penggaron PP dan Terboyo-Ungaran PP. Sekarang dimana mukimnya? Ayo mudik hehehehe.

        Banyumaniknya sebelah mana?

      3. Ika says:

        Sekarang di Jepang. Pindah ke sini tahun 2009. Banyumaniknya di Jati.

      4. Oooo….pantes…kapan nih pulang kampungnya ?

      5. Ika says:

        Tahun ini, semoga jadi. Saya senang dengan adanya satu lagi kemajuan di Semarang. Sebuah kota memang seharusnya memikirkan transportasi publik yang memadai, itulah bedanya urban area dengan rural area. Dan ini bagus buat pariwisata. Turis bisa menjelajah kota semarang dengan murah. Semoga oada akhirnya ini juga bisa mendongkrak pariwisata di Semarang. Ada apa yang baru lagi di Semarang? Saya udah tahu Paragon Mall. Ada yang baru dari tahun 2010 ke sini?

  6. aburayya says:

    Ma, boleh minta infonya, saya dari jakarta, rencana mo ke semarang tapi via jogja, klo misal dari jogja sya turun banyumanik, tujuan ke jln pandanaran, sya naik koridor brp aja ya? makasih sebelumnya

    1. Aburayya : Kalau mau ke Jalan Pandanaran gampang saja. Naik BRTnya yang merah. Di Terminal Banyumanik kan ada haltenya, terus berhenti saja di halte SMAN 5 di depan Gramedia Pemuda. Tapi kalau mau turun di halte Pandanaran, pas mau dekat SMAN 5, bilang saja mau transit. Transitnya arah Penggaron..nanti dikasih tahu sama kernetnya. Nanti kalau turun di Halte Pemuda (SMAN 5) tunggu saja dibagian transit dan jangan dihilangkan tiketnya..tunggu BRT jurusan Penggaron (arah timur), nanti kalau sudah dapat bilang saja turun di halte Pandanaran.

      Semoga bermanfaat.

      1. aburayya says:

        Ok makasih mas bambang infonya sangat bermanfaat..

  7. Narto says:

    Wih menarik nik ada BRT di semarang.

    1. Aku ora nggowo kamera pas iku. Sing penting ono critane.

      Ra nyekel prinsip No Pics = Hoax..hahahaha

      1. iPadmu rak digowo to? Wkwkwkwk

      2. Wis ra nduwe og..hahahaha

  8. mas, kalo dari halte brt tembalang mau ke kampung tugu yang deket iain bisa ga?

    1. Berhentinya di Halte terdekat sih…Kampung Tugu arah Mangkang maksudnya?

  9. rani says:

    mau tanya nih , kalo dari terminal sisemut mau ke johar naik BRT gimana aja ya mas ? pernah nya cuma ke simpang lima 🙂 mohon bantuannya

    1. Bisa…ada haltenya kok.

  10. kalo dari tembalang undip ke stasiun poncol bisa naik BRT ga?

    1. Nggak…berhenti saja di halte dekat Johar. Bilang aja ke Poncol.

      1. uci says:

        lalu… naik apa mas ke poncol nya dari halte BRT johar? tkss

      2. Ke Poncolnya jalan kaki juga bisa kok. Lewat jalan sebelah PLN.

  11. juraij says:

    Kalau dari stasiun poncol mau ke undip tembanglang bisa ga mas, gmna rutenya?

    1. Jalan dulu ke Pemuda…tunggu di halte depan Gramedia Pemuda.

      1. ruli says:

        Halte depan gramedia itu namanya halte apa mas? Bisa langsung naik BRT yg ke Sisemut?
        Trimakasih.

      2. Halte pemuda, gitu aja. Udah banyak yg tahu kok.

      1. wawan says:

        om kalo dari mataram ke poncol naik koridor brp y

  12. Mas mau tanya, saya kan dr jakarta tujuan mau ke RS.dr. Kariadi. Nanti naik kereta turunnya di st.tawang, nah dr stasiun itu apa bisa naik BRT ke tempat tujuan? Ada haltenya gak deket st.tawang? Tks.

    1. Kalau dari tawang ada halte tp yg arah ke terboyo. Mungkin jalan dulu sebentar ke arah kota lama. Ada halte disitu kalau x silap. Maaf br buka blognya.

  13. Lailina says:

    Kalo dari tegal ke lempongsari – gajahmungkur pakenya apa aja?

    1. Kalau dari Tegal ya ke Mangkang dulu, cari BRT arah SMA 5 terus tunggu yg BRT jurusan Ungaran

  14. anna says:

    Mas, mau tanya kalau mau ke pantai marina dari arah mangkang bisa apa ngak ?.

    1. Saya sdh lupa jalurnya. Maaf ya. Terimakasih atas perhatiannya.

  15. Diyah says:

    mau tanya donk kalo dari terminal terboyo ke rs hermina jl pandanaran naek ap ya? makasih

    1. Maaf baru respon, naik bis trans arah Ungaran dan ganti depan Gramedia ke arah Penggaron.

      1. alinn says:

        gramedia mana ya? saya nyari trayek brt terboyo ke indosat pandanaran…

  16. arie kusuma says:

    maaf, minta info dari terboyo ke bandara ahmad yani naek apa? n lokasi halte brt d terboyo diluar ato ddlm terminal? trims

    1. Kalau yang sekarang saya belum tahu, karena sudah lama pindah dari Semarang. Mohon maaf sebelumnya dan maaf kalau terlambat membalasnya. Seingat saya ada turun ke halte Kalibanteng.

  17. yeye says:

    mas saya dari jakarta mau ke jalan tambak aji ngaliyan, kalo dari stasiun tawang gimana rutenya mas? thx

  18. Ardi says:

    mas mau tanya, klw dari st poncol mau ke term terboyo rute brtnya gimana ya..tks

    1. Jalan dulu ke arah paragon. Kl skg entah krn saya sdh lama pindah Tangerang

  19. eka says:

    mas mau tanya, saya dari terminal terboya mau ke jalan karangrejo raya no 12a banyumanik semarang (sma 4 semarang), apa naik brt bisa?

  20. Eduardo says:

    Konten yg begitu mantap. Disajikan dengan cara jelas dan gamblang serta enak dipahami. Senang sekali jalan-jalan di blog Anda… 🙂

  21. Errol says:

    Artikel yang sangat siiip. Dibahas dengan jelas dan gamblang serta mudah dibaca. Senang sekali berkunjung di blog Anda… 🙂

    1. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga betah mampir ke gubug saya meski belakangan jarang update 🙂

  22. dian says:

    mas, saya dari surabaya mau ke daerah ngaliyan. tepatnya kedungpane. kalo dari tawang naik apa ya? lalu kalo dari terboyo bagaimana? saya cari yang paling mudah aksesnya. terima kasih

    1. Seingat saya cari angkot oranye yg arah Mangkang. Sisanya saya lupa..karena tempatnya lumayan jauh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s