(Return to Solo Part 3) : Nampang Sejenak di Bis Tingkat Werkudara


ImageSaya tidak ingat kapan terakhir kali melihat bis tingkat. Mungkin sekitar tahun 90an dulu. Saat kecil saya juga sering melihat bis tingkat saat jalan-jalan bersama keluarga ke Surabaya. Disana banyak bis tingkat kalau tidak salah mereknya Volvo. Sayang sekali saya tidak pernah naik bis tingkat, jadi seperti apa rasanya saya belum tahu. Hahahaha..

Pas setelah berprihatin ria pasal rusaknya kursi-kursi taman di sepanjang Slamet Riyadi, saya melihat ada bis merah yang melintas. Saya langsung berseru “Bis tingkat! Bis tingkat!” dan dengan katronya berlari-lari menuju arah bis itu. Tapi saking cepatnya, sayapun ketinggalan. Saya pikir naiknya sama saja dengan bis biasa. Ya sudah, saya kemudian berjalan kaki lagi menuju arah PGS dimana teman saya sudah menanti.

 Image

Menjelang perempatan Beteng, saya berpapasan lagi dengan bis merah tadi. Ada banyak orang yang mengerubungi. Sebagian diantaranya masih duduk dilantai dua bis yang saya baru tahu namanya Werkudara. Warnanya merah menyala dengan gambar wayang yang menggambarkan tokoh Werkudara atau dengan nama lain Bhima, Bima atau Bimo (tanpa saurus). Bis tingkat yang diresmikan tahun lalu ini berhenti didekat perempatan, persis diatas jalur sepur kluthuk Jaladara. Saya hanya melihat-lihat saja bis tingkat itu. Interiornya cukup nyaman, dan kapasitasnya cukup besar, tapi berhubung saya bukan petugas hitungnya ya nggak tahu berapa kapasitasnya hahahaha.

Iseng saya bertanya pada supir bis yang berpakaian seragam.

“Pak, trayeknya mana saja bis ini?”

“Keliling kota Solo mulai dari Kantor Dinas Perhubungan.” Jawab Pak Supir.

“Terus, berapa unit bis tingkat ini?” kembali saya bertanya.

“Ini satu-satunya di Indonesia, Mas.” Kata Pak Supir.

“Satu-satunya?” saya tambah bingung. “Maksud saya armadanya berapa?”

“Ya Cuma satu. Ini saja.” Sembari menunjuk bis tadi.

Halah! Satu? Ternyata bis tingkat Werkudara ini siji ndhil . Hanya satu-satunya di Solo dan di Indonesia, karena bis-bis tingkat lainnya sejak 1990an akhir sudah dipensiunkan dan menjelma sebagai besi tua entah dimana.

Image

Kebetulan momennya pas, saya sekalian minta difoto. Sekali jepret, langsung jadi. Ternyata bis tingkat Werkudara ini juga bukan ditujukan untuk angkutan umum sehari-hari. Melainkan khusus untuk tujuan wisata. Per penumpang dikenakan biaya Rp 20.000,- sekali jalan, sedangkan bila hendak carter rombongan kena tarif Rp 800.000,- (tapi menurut versi lain Rp 1 juta). Apa yang saya tulis disini berdasarkan harga di brosur yang dibagikan oleh petugas bis Werkudara. Bis inipun hanya beroperasi setiap akhir pekan. Pantas sajalah keadaannya bersih sekali..hehehehee. Saya belum sempat naik bis itu, karena keburu janjian dengan teman. Mungkin jika ke Solo lagi, saya akan coba naiki bis tingkat ini. Sepertinya asyik melihat pemandangan dari lantai dua bis.

 Image

Bersambung

Bambang Priantono

9 Oktober 2012

Advertisements

30 Comments Add yours

  1. sesar says:

    Keren Bisnyaaa. Kunjungan Malam, Pak! hehehe

    1. bambangpriantono says:

      Monggo…pas ke Solo lagi mau naik

  2. rayaadawiah says:

    aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa… pengeeen naeeek jugaaaa…
    kayaknya asyik deh ya,mas bambs?

    1. wib says:

      ini nih kalo baca ga teliti..
      wong cak Nono udah bilang cuma numpang foto, ya ga mungkin bisa merasakan keasyikannya….

      1. bambangpriantono says:

        Entar kalau jadi Field Trip sama murid2ku salah satu agendanya juga naik bis ini.

    2. bambangpriantono says:

      Iya, bersih banget..maklum cuma buat wisata sih

      1. rayaadawiah says:

        pantesaan

  3. wib says:

    pas dirimu numpak, ojo ning atas cak.. ra ono supire…

    1. bambangpriantono says:

      Yo lah…mosok onok

  4. Nah kaaan baca dulu yg teliti

  5. Sigoese says:

    saya tertarik naik sepur kluthuk jaladara mas..
    cuma belom keturutan juga..

    1. Sama…sampe sekarang juga saya belum keturutan naik itu. Kalau ke Jogja gimana kalau ketemuan sekalian…haha

      1. Sigoese says:

        waiki.. setuju sekali…!!

      2. bambangpriantono says:

        Oke….seep nak ngono…diatur we

  6. cawah says:

    Aku yo durung pernah numpak ik…padahal cedhak lho omahe 😀

    1. bambangpriantono says:

      Kapan jal? :))

  7. thebimz says:

    pas mudik kemarin aku sama keluarga besar di solo yang muda2 para cucu dan cicit mau nyewa bis ini tapi ndak jadi.. katanya harus ada kapasitas minimal brp orang ya mas kalo mau nyewa…

    1. bambangpriantono says:

      Em em….pake sistim carter juga. Kan bisa ngajak tetangga2 buat naik hehehehe

      1. thebimz says:

        iya cuma sepi lagi itu tetangga pada ga ada hehe kapan ke solo lagi mas

      2. bambangpriantono says:

        Anytime I wish hehehehe..kan cedhak

  8. hee ?? armadanya cuma ada satu ? gak rebutan tah Cak ?

    1. bambangpriantono says:

      Cuma satu memang…katanya sih rebutan

  9. m anriyan says:

    flash back ke masa kecil :
    diusia mungkin 5 tahunan saya pernah punya mobil2an bis 2 tingkat warna merah kalo ndak salah, dengan fantasi masa kecil, suka membayangkan menaiki bis terebut, jadi ya… cukup lah terobati keinginan naik bus tingkat.. 🙂

    1. bambangpriantono says:

      Wah, seru sekali masa kecilnya nih…jadi ingin naik bis tingkat lagi

  10. Larasati says:

    wah larass naek pas masih jaman bis lamaaaaaa, dulu keknya juga muter2 sekitar keraton doang….duduknya diatas hehe lebih enak kok diatas

    1. bambangpriantono says:

      Wis lama itu ya hehehehe

  11. mbakje says:

    bus keduanya ada di Jakarta, karena walikota Solo pindah ke Jakarta hehehe…

    1. bambangpriantono says:

      Hahahahahahaa…moga bisa seberes pas ngurus Solo ya.

      1. mbakje says:

        amiiiin 😀

      2. bambangpriantono says:

        Semoga 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s