(Kembang Lambe) : Saavutan mä voiton (I ‘ll achieve the victory)


Ada satu cuplikan lagu yang menjadi penyemangat saya ketika melakukan perjalanan kemanapun, termasuk saat menjelajah dari candi satu ke candi lainnya yang terkadang jaraknya cukup jauh. Lagu yang sangat lawas, karena cuplikan adegan dari film animasi Hercules (1997) yang berjudul “I can go the distance”, bukan yang versi Michael Bolton ataupun Ricky Martin (versi Spanyolnya). Bagian yang saya suka adalah ketika Hercules meninggalkan orangtua angkatnya untuk menuju kuil Dewa Zeus. Ternyata kalau di youtube versinya banyak sekali, terutama dari segi bahasa. Tapi ada satu versi yang paling saya suka yakni versi bahasa Finlandia yang menerjemahkannya secara berbeda. Disini saya bagi saja reffnya

Minä tiellein käy (I’ll go on my path)
Saavutan mä voiton(I ‘ll achieve the victory)
Läpi maiden näin lähden kulkemaan (I will go to travel across the countries)
Yli taivaan maan (Over the sky, the earth)
Mitä löydän, saan (What I will find, I will get)
Minä kuljen Peloton on syömmein ainiaan (My heart is always fearless)

Buat saya sense-nya sangat berbeda jika dibandingkan dengan versi aslinya yang berbahasa Inggris. Belakangan ini saya selalu mendengarkan lagu itu berulang-ulang. Dan ketika melakukan perjalanan selalu terbayang lirik lagu itu meski bahasanya tidak saya mengerti, tapi berhubung ada terjemahan Inggrisnya jadi mengerti. Menurut interpretasi saya sendiri kurang lebih ini.

Aku kan berjalan diatas jalurku
Aku kan mencapai kemenangan
Aku kan berjalan menyelusuri berbagai tempat
Di atas bumi dan langit
Apa yang kutemukan kan kugapai
Hatiku akan selalu bersemangat

Ah! Lagu ini mengingatkan saya di usia 36 lewat sehari ini. 24 hari lagi saya akan meninggalkan zona yang selama ini saya tinggali dan kadang saya membayangkan apa yang menanti didepan saya bulan berikutnya. Ada rasa gelisah, takut, galau, khawatir, hingga senang berbaur menjadi satu dalam penantian ini. Ada surat lamaran yang terkirimkan, ada rencana perjalanan yang sudah saya atur besok dan minggu pertama Oktober, serta mengantar seorang teman yang ingin menyisir kota Semarang di minggu kedua Oktober, penyusunan buku perjalanan yang entah nanti mau saya lempar kemana nantinya. Semua ini sudah ada dibenak.

Lagu I can go the distance versi Finlandia ini lebih mengena bagi saya daripada versi aslinya (terserah mau dibilang sok tahu atau bagaimana). Yang jelas lagu ini akan jadi teman perjalanan saya kemanapun termasuk keesokan hari ketika saya berangkat menapak tilas beberapa candi yang saya kunjungi 2 tahun lalu untuk menambahkan beberapa catatan didalamnya.

Saya teringat dialog dalam chatting bersama adik saya. Dia menanyakan kenapa tidak terima saja tawaran dari pusat itu sambil menunggu yang lain? Saya hanya menjawab kalau saya memperjuangkan apa yang saya inginkan. Mungkin bisa dibilang passion, meskipun bagi sebagian orang saya akan dibilang ceroboh karena mencari passion dengan meninggalkan pekerjaan (tapi untuk kasus ini mau tidak mau saya memang harus pergi). Tapi dengan berbekal semangat, saya coba untuk menyesuaikan diri dengan ketidaknyamanan yang akan segera saya hadapi.

Oke, termasuk disini juga. Kadang saya aktif, kadang saya pasif, tergantung situasi dan suasana hati. Sempat saya judek alias marah dengan situasi seperti ini. Tapi mengingat usia yang sudah kian bertambah (dimana sebenarnya langkah ke liang kubur maju satu langkah lagi) sudahlah, saya akan nikmati hidup saya yang akan segera menghadapi tantangan baru dengan semangat yang harus selalu diperbaharui, serta membayangkan perjalanan menyenangkan yang akan saya tempuh. Biarkan saya menikmati minggu-minggu awal ‘kebebasan’ saya dengan mengeksplorasi apa yang sebenarnya saya punya, kemampuan saya yang lama terkubur untuk diangkat kembali sebagai modal cerita indah untuk anak cucu mendatang. Saya tidak ingin menyesal di masa tua karena terlalu lama di zona kenyamanan itu.

Saavutan mä voiton (I’ll achieve the victory)
di tambah dengan cuplikan reff lagu sama tapi dalam bahasa Belanda
Ik ga tot het einde (aku kan berjalan hingga akhir)

Bismillah

Bambang Priantono
7 September 2012
Semarang

8 Comments Add yours

  1. Saya belum pernah dengar lagunya, Sam Nono.
    Sepertinya membawa aura semangat. ntar malam ah cari di 4shared atau youtube.
    Keep fighting spirit ya, bro.

    1. Matur nuwun Mas…moga-moga bisa semangat 🙂

      1. OOT.
        Besok libur aku coba lagi proses migrasinya ya.

      2. Oke Mas, matur nuwun yo sepisan maneh

  2. mamah depin says:

    aku ya blm pernah dgr lagunya mas.
    kaya kata mas iwan, mas,Life is Too Short Too Worry…
    galau boleh, tp mantapkan hati, Dia pasti mendampingi langkah kita *puk2 mas bams

    1. Aamiin…itu pasti kok.

      Itu soundtrack dari film kartun Hercules dulu.

  3. ayanapunya says:

    met ultah ya, mas 🙂

Leave a Reply

